Selasa, 18 Juni 2013

Tugas Mandiri Modul 10

I. PILIHAN BERGANDA
1. CBT adalah sistem yang digunakan untuk keperluan :
(A) Hiburan
(B) Penyajian informasi
(C) Presentasi bisnis
(D) Pelatihan
2. Format berkas suara yang hanya dapat digunakan untuk menyimpan instrumen musik :
(A) WAVE
(B) MIDI
(C) MP3
(D) AU
3. Yang tidak tergolong sebagai format berkas suara :
(A) AIFF
(B) MIDI
(C) MP3
(D) PNG
4. Tidak tergolong sebagai format gambar :
(A) TIFF
(B) BMP
(C) WMF
(D) WMA
5. Format gambar yang mendukung animasi :
(A) GIF
(B) BMP
(C) PCX
(D) WMF
6. Format gambar yang mendukung transparasi terhadap latar belakang :
(A) GIF
(B) BMP
(C) PCX
(D) WMF
7. Format gambar yang dirancang oleh W3C :
(A) BMP
(B) TIFF
(C) JPG
(D) GIF
8. Yang tidak tergolong sebagai berkas film :
(A) AVI
(B) MOV
(C) MPEG
(D) MP3

II. ISIAN
1. Teknik ysng memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dangan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama disebut teknik pemampatan Lossy
2. Perangkat lunak yang secara khusus ditunjukkan untuk membuat aplikasi multimedia disebutmultimedia authoring system
3. Istilah yang menyatakan gangguan yang dialami oleh para pengguna virtual reality yaitu Cybersickness
4. Kepanjangan AVI yaitu Audio/Video Interleaved
5. Kepanjangan MPEG yaitu Motion Picture Expeerts Group

III. URAIAN
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan multimedia?
Jawaban:
Yang dimaksud multimedia adalah interaksi antara suara, gambar statis, animasi dan video (Perry,1994). Ditinjau dari kata-kata pembentuknya, multimedia berarti “melibatkan berbagai media”. Dengan menggunakan multimedia, informasi dapat ditampilkan secara serentak melalui berbagai media. Anda bisa melihat informasi pada layar baik merupakan teks ataupun gambar dan video dan pada waktu yang bersamaan anda dapat mendengarkan paparan melalui suara dengan speaker.
2. Jelaskan pula apa yang dimaksud virtual reality?
Jawaban:
Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
3. Sebutkan paling tidak 6 kelompok aplikasi dari multimedia?
Jawaban:
a) Presentasi bisnisKeterangan: Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien.
b) Pelatihan berbasis computer(CBT/Computer Based Trianing)Keterangan: Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual.
c) PendidikanKeterangan: Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengan cara konvensional.
d) HiburanKeterangan: Multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
e) Penyajian InformasiKeterangan: Multimedia dapat Dipakai untuk membentuk enslikopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara.
f) TelekonferensiKeterangan: Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan  ke masing-masing komputer pemakai yang digunakan.
4. Apa yang dimaksud dengan morphing?
Jawaban:
Morphing adalah efek dimana suatu objek berubah secara perlahan menjadi objek lain. Ada dua tahap proses yang dijalani yaitu Warping dan Cross Dissolve.
Langkah awal dari proses morphing adalah Warping yang berfungsi untuk membentangkan dan menyusutkan sebuah objek gambar yang disebut gambar abstrak. Cross dissolve adalah langkah akhir setelah proses warping yang berfungsi untuk memadukan warna gambar asal dengan warna gambar yang dituju.
5. Berikan contoh aplikasi virtual reality?Jawaban:
Salah satu contoh aplikasi virtual reality yang digunakan pada saat ini yaitu dalam bidang militer. Virtual reality dipakai untuk melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun payung, dan sebagainya. Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih menghemat biaya dan waktu dibandingkan dengan cara konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar